Sejarah

Fakultas Agama Islam sebagai salah satu fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki beberapa jurusan di antaranya adalah Jurusan Syariah. Dalam perkembangannya Jurusan Syariah mengkonsentrasikan pada disiplin ilmu perbankan Islam. Hal ini dilatarbelakangi masih terbatasnya sumber daya manusia yang mengerti dan memahami praktek perbankan Islam. Di sisi yang lain semangat masyarakat untuk bermuammalah secara syariat semakin marak terutama dalam dunia perbankan. Melihat hal tersebut Fakultas Agama Islam (Dosen-dosen) menggagas sebuah laboratorium perbankan Islam sebagai sarana untuk belajar dan berlatih praktek perbankan Islam. Untuk merealisasikan gagasan tersebut dibentuklah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang kemudian diberi nama BMT UMS. Dalam perkembangannya BMT UMS didukung oleh rektorat, dekan-dekan di lingkungan UMS serta tokoh-tokoh masyarakat. Seiring perkembangannya BMT UMS kemudian merubah nama menjadi BMT Amanah Ummah.

Pada tanggal 5 Oktober 1999 BMT Amanah Ummah resmi berdiri yang diresmikan oleh Bapak Firman Sofyan Direktur BMI Cabang Semarang. Turut meresmikan pada acara tersebut Bapak Prof. Drs. H. Dochak Latief Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta yang didampingi oleh Bapak Drs. Waston, M.Hum Dekan Fakultas Agama Islam UMS yang juga menjabat sebagai Presiden Komisaris BMT Amanah Ummah. Alhamdulillah sampai dengan saat peresmian berhasil terkumpul dana sebesar Rp 32.500.000,00 sebagai modal awal.

Modal yang cukup besar untuk ukuran pendirian sebuah BMT diharapkan bisa mengemban misi dan visi BMT di dalam pengentasan dan pembelaan terhadap kaum dhuafa. Sehingga BMT Amanah Ummah tidak berkembang sebatas wacana keilmuan saja akan tetapi bagaimana BMT benar-benar dirasakan manfaatnya di dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar terutama pembelaan terhadap pengusaha-pengusaha mikro.

BMT Amanah Ummah merupakan lembaga otonom yang mengatur rumah tangganya sendiri dan berbadan hukum koperasi serta menjadi laboratorium lembaga keuangan syariah terutama bagi Fakultas Agama Islam. Keterikatan yang sangat erat BMT Amanah Ummah dengan UMS menyebabkan BMT Amanah Ummah lebih dikenal sebagai BMT UMS