Menjaga Kesehatan Jiwa Raga

Kutipan dari Bahasa Latin tersebut pasti enggak asing di telinga. Mens Sana In Corpore Sano: Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sejak kita masih di sekolah dasar pun, istilah Latin tersebut sudah fasih kita lontarkan.

Tapi, berapa banyak dari kita yang bisa menerapkan Mens Sana In Corpore Sano dalam kehidupan sehari-hari? Menjaga kesehatan raga sekaligus menjaga kesehatan jiwa itu penting hukumnya bagi tiap individu. Banyak orang terlalu malas untuk sekadar menjaga kesehatan tubuh, padahal menjaga tubuh sangat mempengaruhi kesehatan jiwa dan begitu sebaliknya. Beberapa aksi sederhana ini yang sebenernya bisa kita lakukan untuk menjaga keseimbangan jiwa raga.

Minum Banyak Air Putih

Banyak orang meremehkan pentingnya minum air putih. Padahal, minum air putih banyak manfaatnya. Minum air putih selain menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dapat juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya. Tak hanya itu, manfaat minum air putih lainnya antara lain meningkatkan energi, menjaga kesehatan kulit, dan juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat dianjurkan banyak-banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi untuk para pekerja kantoran, yang notabene hanya duduk di depan monitor selama 9 jam. Menurut riset, anjuran minum air putih yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas per hari. Namun, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Jika kegiatan fisiknya menguras banyak energi, minum air putih lebih dari 8 gelas juga tak masalah.

Olahraga

Olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika kita termasuk orang yang superduper sibuk, enggak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu olahraga. Untuk yang suka olahraga, atau minimal punya salah satu hobi di bidang olahraga entah itu renang, badminton, lari, dan lain sebagainya, usahakan luangkan waktu untuk berolahraga yang rutin, meskipun hanya sekali dalam seminggu. Untuk yang enggak suka olahraga kaya gitu, gimana? Tenang, enggak harus olahraga seperti renang, sepakbola, futsal, lari, badminton, dan lain sebagainya. Tips buat kita yang enggak begitu suka olahraga, coba luangkan waktu minimal 15 menit sehari entah pagi atau sore untuk melakukan senam. Kita cukup pilih 3 jenis lagu yang kita suka. Nah, masing-masing lagu itu berfungsi sebagai pengiring tahap-tahap senam kita: pemanasan, inti, dan pendinginan. Untuk pemanasan sama pendinginan lebih baik lagu yang slow atau yang bernada pelan, sedangkan untuk inti sering pake lagu yang lebih beat. Soal gerakan? Spontanitas aja yang penting enggak menyulitkan kita. Kita bakal membuktikan sendiri setelah olahraga jadi kerasa lebih enteng.

Makan Sayur dan Buah

Manfaat mengonsumsi buah dan sayur itu banyak. Kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur sangat bermanfaat bagi tubuh kita seperti vitamin, mineral, serat, dan lain sebagainya. Manfaat buah dan sayur bagi tubuh antara lain menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, konsumsilah banyak buah dan sayur agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kurangi makanan yang kurang bergizi lainnya seperti junk food ataupun mie instan. Ingat, dengan mengonsumsi buah dan sayur di usia muda, secara tidak langsung kita mengurangi penyakit berbahaya di usia tua nanti.

Selanjutnya ...